Friday, March 07, 2008

Klepon

Klepon?

apa itu klepon? gue tau telepon itu apa..tapi klepon kaga tau gue.. =p

Let´s see what wiki said about klepon..


Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.



Diambil dari wikipedia

Nah..dah tau kan klepon kaya opo?

Sekarang..fotonyaaaaa


*ubek² google*





Awalnya, gue kaga tau kalo namanya klepon wahhaha..bego banget ya gue, makanan indonesia yang gue suka aja gak tau namanya..

Mami biasa kalo ngasih langsung kasih aja sih =p.. Dia tau banget gue suka abis sama yang namanya klepon..soalnya kalo dah kena gula² jawa yang di dalemnya itu berasa banget manisnya kaya gueeeee *jiakakakaa

Biasanya, klepon yang mami bawa itu dari snack makan siangnya dia yang dibagiin extra dari rumah sakit, uhhh mamihhh tau aja anaknya suka ^_^.

--

Tapi sekarang..kaga ada lagi dah klepon dari mami..

Kalo mau, ya buat!

Tapi setelah diliat² lagi..koq koq..koq ada air kapur sirih --" disini mana ada..jeng jeng..

akhirnya gue tunda deh buatnya, dan akhirnya memutuskan untuk membuat bulet² yang lain yaitu onde². heauhaa..

--

Taaaapiiii..koq masih penasaran ya sama kleponnye --"

Akhirnya gue buat lagi deh =p

--

RESEP

  • 300 gram tepung ketan
  • 250 ml air
  • 100 gram gula merah diiris
  • parutan kelapa dan setengah sendok teh garam, dikukus

Masukkin tepung ke dalam mangkok, masukkin air sekalian.

Aduk terus sampe jadi satu tuh adonan (kalo menurut gue, tuh adonan jadi kaya mainan lilin balok yang bisa kita bentuk².. Itu mainan gue jaman dulu lol)..Kaya gini neh :



Lucu kan ;p..

Terus, kalo udah, ambil secuil, pipihin, abis itu masukkin gula jawa..

--

Rebus air di panci, kalo dah mendidih, masukkin buletan² klepon =) dan tunggu sampe ngambang.

Kalo dah ngambang, guling²in si buletan itu ke parutan kelapa yang udah dikukus itu..

Daaannn,, haaapppp ... masuk deh ke mulut =p

Tambahan: klepon yang gue buat kaga pake pewarna ijo..karena..gak nemu hiahaa =p

--


Dokumentasi:


2 comments:

Pucca said...

hi..salam kenal ya..hebat euy..bisa bikin klepon. :) gua juga suka klepon :D

olalala said...

salam kenal pucca :)

gampang koq buat nya hehe..ayo ayo buattt..