Friday, February 22, 2008

Semester telah usaaaiii!!

Prolog

Gila gila gila..cuma ungkapan gila yang bisa kulampiaskan atas semester yang gila ini..

Kayaknya gue gak pernah ngerasain semester yang kaga padat setelah gue masuk uni

--

Perjalanan satu semester

# Praktikum

Semester ini diawali dengan praktikum Physikalische Chemie (fisika kimia) dengan Vorsprache (oral tes sebelum mulai praktikum), Laporan lab dan ditutup dengan Rücksprache (oral tes sebagai penutup praktikum).

Praktikumnya terdiri dari 4 tema besar : termodynamik, reaksi kinetik, kesetimbangan fase dan elektrokimia.

Masing² 4 tema besar terdiri dari 3 sub tema yang kita harus buat.

Menderita? banget..

why? ada satu asisten yang kalo kita nanya sesuatu, kayaknya kaga seneng banget jawabnya. Heran gue, gak seneng jawab pertanyaan student koq jadi asisten..

Ada satu asisten lain lagi yang kalo nanya beruntun dah kaya bom di palestina..

Ada satu asisten lagi...yang kalo ditanyain tentang alatnya... DIA KAGA NGARTI SAMA SEKALIIIII!!!

Nanti kita akan balik lagi ke praktikum ini..


# Test organik

Gua juga ambil pelajaran organik. Setiap minggu, pasti selalu diadain tes, kalo gak lulus tes ini, kit a gak bisa ikut ujiannya. Ujiannya terdiri dari 2 bagian. Bagian yang pertama, tes gue lulus..jadi bisa ikut ujian pertama.

Tes yang kedua..sumpe..kaga ngarti apa² gue..emang gue nya yang bego banget kali ya..Jadi, ya..ujiannya bye² de


Sampai saat ini, gak ada satu orang pun yang bisa mengerti bener² gimana perasaan gue sama tes ini. Maksud gue, setiap orang awam yang gak belajar kimia murni dan gue ceritain hal ini ke mereka, mereka pasti unterschätzen (menganggap rendah) gue.

Mereka menganggap kimia adalah pelajaran gampang dan mahasiswa nya punya banyak waktu untuk hura² dan santai².. Dan kalopun ada waktu luang, gue pasti menyempatkan diri untuk main, tapi itu semata cuma untuk merefreshingkan otak gue koq..tapi well yeah, orang selalu ngeliatnya gue main terus kali ya...well, bener koq itu orang, dia berbicara sesuai dengan apa yang dia liat, dan bukan apa yang dia rasakan

# Ujian dan Rücksprache

Satu minggu full gue abisin buat belajar anorganik, empat hari full gue abisin buat ujian fisika kimia. Dan, itu belum semua (padahal gue dah keblinger² karena bener² kurang tidur).

Koq gue gak belajar nyicil? i did..tapi kan perlu proses pengulangan, loading again and so on..plus, bahan juga masih bertambah terus karena lecture nya masih berjalan.


Selesai ujian fisika kimia (ujian terakhir buat gue), besokannya gua kudu ikut Rücksprache reaksi kinetik yang asistennya bener²...parah..

Rücksprache gue sama dia, bener² dibantai abis²an..Ada satu grup yang barengan sama kita tapi asisten nya beda dengan tema yang sama, mereka cuma ditanyain ga lebih dari 15 menit..

kita? 30 menit lebih..

sehabis Rücksprache itu, gue dah gak inget tanah lagi..

Selang satu hari, kita bikin anotha Rücksprache..dan, itu berlangsung tadi..

dan kita juga dibantai abis²an..

How long? 1 jam!

Asistennya bilang: kita sebagai chemiker, harus tau segalanya..tae la


Selesai itu, pala gue bener² pusing..


# Ujian OC

karena gue gak ikut ujian ini, gue ceritain yang temen² gue alamin deh..yang lulus dari ujian ini cuma 6 orang doank..

Akhirnya, asisten nya nurunin standard nilai kelulusan..dan akhirnya ada 30 orang yang lulus (gue gak tau berapa orang yang tulis ujian ini).


Apa gak kurang sadis ya kuliah kimia? Tapi kalopun mau pindah jurusan, mau pindah kemana?cookery?

1 comment:

Anonymous said...

astagaaa.. penderitaan pisann!! tp tenang jane! saya yakin anda bisa! tunjukkan kalo at least lo bukan anak IPA 2 yang gagal.. *mesem2* wkwkwkw